image

Ki Sukma

081296609372


Perumahan Maharani Village Blok D.10 Jalan. Cigugur Girang Kp. Sukamaju Rt/Rw 05/05 Desa Cigugur Girang Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat. Jam praktek: Pk. 08.00 s.d 17.00 WIB
KEGIATAN & WORKSHOP
TESTIMONIAL & GALLERY FOTO

Facebook Instagram Youtube
Chat dengan Pangeran

081910095431
081296609372

081296609372

Jam praktek: Pk. 10.00 s.d 17.00 WIB

SOCIAL MEDIA PANGERAN SUKMA JATI

Penemuan Benda Prasejarah di Bondowoso, Jatim Diduga sebagai Sarkofagus

image

Warga Bondowoso kembali dibikin geger dengan ditemukannya kembali sebuah benda prasejarah di wilayah mereka. Pasalnya tidak banyak literatur sejarah dalam dunia antropologi yang mencatat tentang kehidupan zaman prasejarah di Bondowoso.

Bondowoso  adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki ribuan situs-situs arkeologi yang tersebar di wilayah-wilayah kecamatan, siapa yang menyangka bahwa di kota Tape ini ternyata banyak sekali terdapat barang-barang purbakala dan barang sejarah. Padahal jarang sekali ada literatur yang menulis peradaban masa lalu di daerah tersebut. Namun, Bondowoso online Museum dan National Geographic menjelaskan bahwa Bondowoso termasuk kategori terlengkap benda-benda peninggalan purbakala. Bahkan situs Megalitikum, salah satu daya tarik Bondowoso. Sebab situs-situs arkeologi yang tersebar di Bondowoso kebanyakan berupa batu besar peninggalan zaman megalitikum.

Dikatakan lengkap karena mulai dari dolmen, menhir, sarkofagus, arca, batu kenong, batu lumpang, manik-manik dan lain sebagainya banyak ditemukan di Bondowoso. Tempat persebarannya antara lain di kecamatan Tamanan, Grujugan, Pujer, Sempol, Wringin, Pejaten dan lain sebagainya. Salah satunya yakni Dusun Curah Cottok, Desa Sumber Canting, Wingin, Bondowoso yang baru-baru ini menemukan Batu yang diduga adalah benda peninggalan prasejarah. Jika merunut dari keterangan Sugiono (34) salah seorang warga desa setempat, penemuan itu terjadi ketika dia bersama teman-temannya tengahmencari burung di hutan setempat.

Saat menyusuri hutan, secara tidak sengaja mereka melihat sebuah benda aneh berbentuk menyerupai peti mati dengan ukuran sekitar 90x200 cm. Mulanya Sugiono mengira bahwa benda tersebut sebuah lesung tempat menumbuk padi yang terbuat dari kayu. Namun setelah dicermati lebih dekat, benda ternyata terbuat dari batu keras.

"Saat itu Saya dan teman-teman ya seperti biasanya, mau nyari burung. Tiba-tiba ada yang melihat benda itu. Saya malah sempat mengira itu tempat minumnya kuda," tuturnya, Kamis (14/9). Kondisi batu saat ditemukan rusak di beberapa bagiannya. hal itu dikarenakan sudah termakan usia.

Untuk bisa sampai ke lokasi penemuan batu tersebut perlu perjuangan ekstra berat. Dibutuhkan waktu setidaknya satu jam berjalan kaki dari desa sumbercanting. Itupun harus membawa bekal minuman yang cukup. Karena di daerah tersebut tak ada sumber air. Sebab, lokasi yang berada di area perhutanan Bondowoso itu medannya terkenal lumayan berat.

Petunjuk Ungkap Situs

Ya, ditemukannya batu yang disebut sebagai peninggalan pra sejarah cukup mendapatkan apresiasi ahli arkeologi. Penemuan tersebut dinilai sebagai pintu masuk untuk menemukan benda-benda lainnya. "Ini sangat menggembirakan". Sebab wilayah Bondowoso merupakan kawasan yang bersejarah," kata Herry Kusdarynto, salah seorang arkeolog Bondowoso, Kamis (14/9).

Namun untuk situs yang baru ditemukan  di susun Curah Cottok tersebut hery masih belum berani membeberkan kesimpulannya karena masih menunggu hasil keputusan dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan. Namun, jelas Hery batu aneh berukuran 90 x 200 Sentimeter ditemukan warga Bondowoso itu jika dilihat dari ciri-cirinya adalah sorkofagus atau batu kubur peninggalan zaman pra sejarah.

Menurutnya, dari beberapa  literatur yang ada daerah Bondowoso merupakan kawasan peninggalan zaman prasejarah. Itu dibuktikan dengan adanya beberapa wilayah yang merupakan kawasan cagar budaya. "Bukan tidak mungkin, di sekitar daerah yang ditemukan batu itu masih banyak yang lainnya," kata Hery, yang juga sebagai Kepala Seksi Kesejarahan dan Kepurbakalaan Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga dan Perhubungan Pemerintah Kabupaten Bondowoso.

Wilayah lain yang ada di Bondowoso yang banyak ditemukan benda purbakala, antara lain  Cermee, Maesan, Grujugan dan Wringin. Di wilayah itu memang banyak terdapat batu Megalitikum, Dolmen, Menhir dan lain-lain. "Untuk sejarah dan purbakala di Bondowoso sangat bagus karena dari dulu sudah terkenal dengan  budaya megalitiknya. Kalu situs-situs yang paling khas kita punya Batu Kenong di kecamatan Grujugan," ungkap Hery.

Hery menambahkan beberapa benda-benda purbakala yang ditemukan memang sudah banyak yang sudah tak lagi utuh, itu karena termakan usia, karena peninggalan ribuan tahun lalu. Oleh sebab itu, imbuhnya pihaknya mengimbau masyarakat sekitar temuan untuk ikut serta dalam upaya pelestariannya. "Jika menemukan benda-benda yang dinilai aneh bentuknya, misalnya, laporkan saja pada kami. Siapa tahu, itu juga benda purbakala," pungkasnya.

Posmo

Punya masalah hidup yang tak kunjung selesai? Temukan solusinya bersama Spiritualis Kondang Pangeran Sukma Jati (Ki Sukma - Sobat Mistis Trans 7)

PRAKTEK DI 3 KOTA

Jakarta

Jl. Mampang Prapatan Raya, Jakarta Selatan
Gedung Graha Krama Yudha
Untuk pendaftaran silahkan buat appointment (janji) via nomor Hp di bawah ini.
Jam praktek: Pk. 09.00 s.d 17.00 WIB

Bandung (Pusat)

Perumahan Maharani Village Blok D.10 Jl. Cigugur Girang Kp. Sukamaju Rt/Rw 05/05 Desa Cigugur Girang Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat. Jam praktek: Pk. 09.00 s.d 17.00 WIB

Untuk pendaftaran silahkan buat appointment (janji) via nomor Hp di bawah ini.

Banten

Jl. Ki Mudakkir, Link. Cigading, Cilegon - Banten.

Untuk pendaftaran silahkan buat appointment (janji) via nomor Hp di bawah ini.

Tlp/ Hp. 081296609372 (WhatssApp dan Telegram) dan 081910095431 (WhatsApp)

Thu, 9 Sep 2021 @13:18


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Artikel Terbaru
Produk Utama
Komentar Terbaru
Testimoni













Copyright © 2021 padepokanintisemesta.com · All Rights Reserved



Powered By sitekno